Kamis, 26 September 2019

Battle Kopi Kekinian - Membandingkan Brand Kopi Yang Paling Nikmat


Kalian pasti sudah tau dengan yang namanya kopi, minuman yang penuh dengan inovasi namun dengan rasa yang khas. Menurut penggiat kopi, kopi yang bagus merupakan kopi dengan rasa yang nikmat dan susah terlupakan atau memiliki kenikmatan yang khas. Kopi merupakan minuman terfavorit setelah minuman teh apalagi untuk masyarakat Indonesia. Kopi merupakan minuman yang wajib sebagai pembuka hari kerja maupun hari libur khususnya bagi laki-laki.

Di era milenial ini kopi bahkan menjadi minuman untuk berbagai kalangan karena kopi menjadi banyak varian yang membuat semua kalangan bisa menikmati tanpa takut perut menjadi sakit atau kembung. Kopi yang sebelumnya hanya dinikmati oleh kalangan dewasa saja, namun kini dengan inovasi kopi menjadi minuman yang biasa untuk anak remaja. Dengan penggemar kopi yang banyak, bisnis ini merupakan bisnis yang menarik untuk menjadi prospek yang menjanjikan. Dikemas dengan rasa yang inovatif dan juga kemasan yang praktis dan dibantu dengan pemasaran melalui media sosial, banyak sekali merk-merk kopi siap minum yang mulai muncul dan menyasar kawula muda yang memang gemar sekali mencoba hal yang praktis, beda, dan juga ekonomis. Kopi yang saat ini sedang naik-naiknya serta sering sekali muncul di media social terkenal dengan sebutan kopi kekinian.














Dalam hal ini kita pasti sudah tau banyak merk-merk yang sudah cukup dikenal maupun yang sedang menanjak. Untuk Kali ini kami mencoba mereview beberapa merk kopi kekinian yang sering ditemukan di daerah Jabodetabek. Kami sebelumnya sudah membeli beberapa merk kopi kekinian dengan membeli di hari yang sama (-+ 2 jam sebelum direview) dan tanpa es agar rasanya tetap sama tidak berubah. Kami disini mereview sesuai apa yang kami rasakan tanpa ada unsur paksaan. Kami terdiri dari 3 orang yang salah satunya merupakan penggiat kopi.

Kami menyiapkan beberapa merk kopi kekinian dengan rasa original kopi + gula aren yang merupakan rasa basic dari setiap menu kopi kekinian. Kami melakukan review dengan metode blindtest yaitu kami tidak mengetahui merk apa yang kita rasakan dan dilakukan secara acak.
Merk Kopi yang kami test yaitu Kopi Tuku, Kopi Kenangan, Kopi Kulo, Kopi FamilyMart, Kopi Saladstop! dan Kopi Bawah Tangga. Kami mencicipi denga acak tanpa tahu kopi merk apa yang kita cicipi sebelumnya. Setiap mencicipi kopi yang kami test, kami langsung menilai kopi tersebut dan di akumulasikan nilainya begitu seterusnya hingga selesai. Setelah di akumulasikan baru kami menggabungkan sample dengan merk kopi yang kita cicipi saat itu.

Pertama, kami menilai sample kopi A dan menurut kami rasanya lebih ke creamer sehingga kami menilai kopi tersebut 4 + 6 + 7 = 17. Kedua kami menilai sample kopi B, aromanya cukup kuat namun rasa kopinya sendiri terlalu tipis atau kurang kuat, sehingga kami menilai 3.5 + 7 + 6 = 16.5. Ketiga kami mencoba sample kopi C, aroma , rasa manis, dan kopinya sama-sama kuat, dengan memperoleh nilai 8 + 7 + 7 = 22. Keempat kami menilai sample kopi D denga nilai 3 + 5 + 5 = 13. Selanjutnya sample kopi E dengan nilai 8.5 + 8 + 8 = 24.5. Sample kopi F kami menilai 4 + 6 + 6 = 16. Terakhir kami menilai sample kopi G dengan nilai 9 + 8.5 + 7.5 = 25.

Setelah semua selesai di cicipi, kami akumulasikan serta mengurutkan dari yang terlezat berdasarkan versi kami dan inilah hasilnya :

1    1. Kopi Tuku : Sample G (25 point)
2    2. Kopi Kenangan : Sample E (24.5 point)
3    3. Kopi FamilyMart : Sample C (22 point)
4    4. Kopi Bawah Tangga : Sample A (17 point)
5    5. Kopi Saladstop! : Sample B (16.5 point)
6    6. Kopi Janji Jiwa : Sample F (16 point)
7    7. Kopi Kulo : Sample D (13 point)

Ini merupakan hasil review dari saya, dan hasil ini merupakan opini dari kami tanpa ada paksaan dari orang lain. Selamat kepada pemenang atas hasil review diatas. Terima kasih :)